Selasa, 01 Desember 2015

Penyakit sistem Saraf di manusia

Penyakit sistem saraf yang menjangkiti manusia sangatlah berbahaya. Anda harus waspada terhadap penyakit yang satu ini. Penyakit ini merupakan jenis penyakit yang menyerang banyak bagian penting dan vital di dalam tubuh seseorang. Manusia adalah makhluk yang terdiri dari ratusan sistem saraf, di mana masing-masing memiliki peranan penting untuk kelangsungan hidup manusia itu sendiri. Untuk Anda ketahui bahwa sistem saraf ini berfungsi mengendalikan serta mengatur tubuh manusia, Anda tentu bisa membayangkan bagaimana jadinya apabila terdapat masalah pada sistem saraf. Anggota tubuh manusia itu memerlukan sistem komando (Perintah) supaya bisa berjalan sesuai dengan fungsinya masing-masing, dan itulah fungsi utama dari sistem saraf kita. Mari baca selengkapnya.

Penyakit sistem saraf di manusia Penyakit sistem Saraf di manusia

Bagian sistem saraf

Sistem saraf manusia juga makhluk hidup lainnya itu terdiri atas jutaan serabut saraf, di mana masing-masingnya terdiri atas sel saraf yang memiliki hubungan satu sama lain serta berguna untuk jaringan tubuh, persepsi sensoris indera, homeostatis, dan aktivitas motorik volunter, untuk beragam proses fisiologis di tubuh makhluk hidup. Sebuah sistem saraf terdiri atas kumpulan jaringan yang rumit serta paling vital, sebab terdiri atas jutaan sel saraf. Jika itu bermasalah, maka akan bermasalah juga pada perkembangan bahasa, ingatan, juga pikiran manusia. Begitu pula dengan makhluk hidup yang lain.

Macam penyakit saraf yang ada

Sekarang ini, sudah terdeteksi beberapa macam penyakit saraf yang biasa menyerang, adapun penyakit saraf tersebut adalah:

Meningitis
Penyakit saraf pertama yang akan kita bahas yakni Meningitis. Meningitis adalah peradangan di selaput saraf manusia, penyakit ini disebabkan karena infeksi parasit dan juga virus, contohnya saja Toksoplasma. Penyakit Meningitis adalah penyakit yang bisa menular dengan mudah. Salah satu cara untuk mencegah Anda terjangkit penyakit Meningitis adalah dengan melakukan vaksinasi pada parasit yang menjadi penyebabnya.

Sindroma Parkinson
Penyakit saraf kedua yang akan kita bahas yakni Sindroma Parkinson. Sindroma Parkinson adalah kerusakan di bagian otak yang menjadi kontrol jaringan otot. Karena itu, jika seseorang menderita Sindroma Parkinson, mereka akan mengalami yang namanya gemetar secara tak beraturan di bagian tubuhnya.

Vertigo
Penyakit saraf yang ketiga yakni Vertigo. Vertigo adalah sakit kepala yang diikuti gejala ketakseimbangan, serta biasanya pasien akan mengeluhkan pandangan yang serasa berputar, dan diikuti rasa mual serta mau muntah. Vertigo ini bisa disembuhkan tanpa harus konsumsi obat, tetapi keadaan Vertigo benar-benar membuat Anda tak merasa nyaman, itu karena jika Anda sedang menderita Vertigo, otomatis Anda menjadi tak dapat beraktivitas seperti biasanya.

Migraine
Penyakit saraf yang keempat ini mungkin sudah sering Anda dengar. Ya, banyak orang Indonesia yang mengalami masalah migraine, terutama yang tinggal di kota besar dengan tingkat stress tinggi. Penyakit migraine menyerang dengan gejala pusing, namun hanya pada sebelah kepala saja. Biasanya migraine terjadi di kepala yang bagian samping sedikit ke belakang. Memang walaupun migraine terasa sebagai penyakit ringan, tetapi apabila Anda menyepelekan penyakit ini, penyakit migraine bisa menjadi penyakit yang berbahaya. Penyakit migraine merupakan penyakit saraf yang dapat menyebabkan kerusakan di sel saraf otak seseorang.

Gegar otak
Penyakit saraf yang terakhir adalah gegar otak. Gegar otak merupakan penyakit yang diakibatkan benturan keras antara kepala dengan sesuatu. Gegar otak parah bisa menyebabkan seseorang kehilangan daya ingatnya. Sekian artikel tentang penyakit sistem saraf di manusia, semoga lekas sembuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Farmakoterapi GAGAL GINJAL AKUT

— Gagal ginjal akut (GGA) merupakan penurunan fungsi ginjal secara mendadak sehingga ginjal tidak mampu menjalani fungsiny...