Kamis, 03 Desember 2015

Gejala dan Tanda Kanker Serviks

Tanda-Tanda Kanker Servik yang Harus Diketahui
 Semua orang harus mampu menjaga kesehatan seluruh tubuh, termasuk organ-organ di dalamnya. Ini dikarenakan semua organ tubuh baik di dalam maupun tubuh sangatlah penting. Setiap organ memiliki peran masing-masing di dalam tubuh, dan setiap kegiatan di dalam tubuh dipegang oleh organ-organ tersebut. Sehingga jika terdapat satu saja organ yang terganggu kesehatnnya, maka akan menyebabkan organ lain juga terganggu.
Oleh sebab itu, anda harus mampu menjaga kesehatan tubuh. Salah satu organ yang sangat penting kesehatannya adalah organ intim, apalagi untuk wanita. Organ intim dapat mengalami beberapa masalah, antara yaitu lain keputihan, kanker serviks dan lain sebagainya. Jadi penting sekali bagi wanita untuk mengetahui tanda-tanda kanker serviks maupun penyakit pada organ intim yang lainnya.
Kanker serviks ini sangat berbahaya untuk wanita, karena dapat mengakibatkan kematian. Kanker serviks atau biasa dikenal dengan kanker leher rahim ini terjadi karena adanya virus papiloma yang menyerang organ intim wanita. Beberapa kasus, 70% virus ini ditemukan pada wanita yang mengidap positif HIV, dan 30% nya adalah wanita biasa.
Di Indonesia itu sendiri, kanker serviks sangat ditakuti. Karena hampir setiap hari terdapat 40 wanita terserang penyakit ini, dan 20 diantaranya meninggal. Sangat sulit mendeteksi penyakit ini, dikarenakan gejala awal kanker serviks tidak memilik tanda yang spesifik, Berikut beberapa gejala dari kanker serviks.

1. Keputihan Patagonis
Salah satu tanda-tanda kanker serviks adalah keputihan patagonis. Keputihan ini merupakan keputihan tidak normal. Keputihan ini mempunyai ciri warna kuning atau hijau, berbau tidak sedap dan menimbulkan rasa lengket. Wanita yang terserang keputihan ini juga merasakan panas dan gatal pada vagina.

2. Sakit pada area kewanitaan
Selain keputihan, tanda-tanda kanker serviks juga dapat anda lihat jika penderita merasakan sakit di area kewanitaan. Biasanya tubuh yang akan mengalami sakit adalah paha, persendian pinggul (saat menstruasi), sakit saat berhubungan badan dan buang air besar. Rasa sakit ini terjadi karena serangan human papiloma virus di area kewanitaan.

3. Pendarahan
Tanda-tanda kanker serviks yang sangat khusus adalah pendarahan. Wanita yang mengidap penyakit kanker serviks ini akan mengalami pendarahan yang tidak normal. Biasanya pendarahan ini akan lebih sering terjadi. Kebanyakan wanita menganggap pendarahan ini karena menstruasi, namun ini merupakan suatu gejala kanker serviks.

4. Nyeri saat buang air kecil
Apabila saat buang air kecil anda merasakan nyeri, maka perlu diwaspadai. Karena bisa saja itu merupakan suatu tanda-tanda kanker serviks. Tanda ini akan dialami oleh wanita yang mengalami kanker serviks stadium akhir. Keadaan ini terjadi karena virus mulai menjalar ke bagian lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Farmakoterapi GAGAL GINJAL AKUT

— Gagal ginjal akut (GGA) merupakan penurunan fungsi ginjal secara mendadak sehingga ginjal tidak mampu menjalani fungsiny...