Sabtu, 05 Desember 2015

Insulin

Insulin Adalah

Insulin adalah hormon yang dihasilkan oleh sel beta pankreas. Hormon ini berfungsi untuk membantu sel tubuh menyerap gula dari karbohidrat yang kita konsumsi sehari-hari, sehingga gula tersebut dapat digunakan sel untuk menghasilkan energi atau disimpan di dalam tubuh. Insulin bersama dengan hormon glukagon menjaga agar kadar gula di dalam darah agar stabil, tidak terlalu rendah dan tidak terlalu tinggi.


Fungsi

Fungsi insulin di dalam tubuh adalah mengatur kadar gula darah dengan cara membantu sel tubuh, seperti otot, lemak, dan sel hati, dalam menyerap gula darah sehingga dapat digunakan sebagai energi. Gula yang berlebihan di dalam darah akan disimpan oleh insulin di dalam hati dan otot sebagai glikogen. Insulin juga dapat menurunkan kadar gula dalam darah dengan cara mengurangi produksi gula di dalam hati. Dalam tubuh manusia normal, fungsi insulin ini memungkinkan insulin untuk mengatur kadar gula darah agar tidak terlalu tinggi.
Di dalam dunia kedokteran insulin juga dapat digunakan untuk membantu mengatur kadar gula darah pada pasien kencing manis atau diabetes melitus. Insulin digunakan sebagai suntikan di bawah kulit dan dapat disuntikkan di sekitar perut, bahu, dan paha. Tipe insulin bervariasi tergantung dari onset (lama waktu insulin masuk ke dalam darah dan mulai  bekerja menurunkan gula darah), peaktime (waktu yang diperlukan insulin untuk mencapai kekuatan maksimal dalam menurunkan gula darah), dan durasi insulin terus bekerja menunkan gula darah.

Cara Pemberian
Sediaan insulin saat ini tersedia dalam bentuk obat suntik yang umumnya dikemas dalam bentuk vial. Kecuali dinyatakan lain, penyuntikan dilakukan subkutan (di bawah kulit). Penyerapan insulin dipengaruhi oleh beberapa hal. Penyerapan paling cepat terjadi di daerah abdomen, diikuti oleh daerah lengan, paha bagian atas dan bokong. Bila disuntikkan secara intramuskular dalam, maka penyerapan akan terjadi lebih cepat, dan masa`kerjanya menjadi lebih singkat. Kegiatan fisik yang dilakukan segera setelah penyuntikan akan mempercepat waktu mula kerja (onset) dan juga mempersingkat masa kerja.
 
tapi admin denger2 di amerika lagi ngembangin riset buat bikin sediaan insulin dalam bentuk oral, well mudah2an cepet ada insulin dalam bentuk oral jadi cocok buat yang gak suka disuntik hahaha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Farmakoterapi GAGAL GINJAL AKUT

— Gagal ginjal akut (GGA) merupakan penurunan fungsi ginjal secara mendadak sehingga ginjal tidak mampu menjalani fungsiny...